PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA SMP NEGERI 6 PALU DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

NI WAYAN SINTYA DAMAYANTI (2021) PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA SMP NEGERI 6 PALU DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni Wayan Sintya Damayanti. 2020. Profil Proses Berpikir Siswa SMP Negeri 6 Palu dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah aritmatika sosial berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari gaya kognitif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dilaksanakan di SMP Negeri 6 Palu. Subjek penelitian diambil berdasarkan skor Group Embedded Figures Test (GEFT) yaitu gaya kognitif FI untuk siswa skor tertinggi sedangkan gaya kognitif FD skor terendah. Hasil penelitian ini adalah 1) Profil proses berpikir subjek FI dalam a) memahami masalah, subjek menulis apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan serta mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, b) membuat rencana pemecahan masalah, subjek menjelaskan dengan tepat dan mengarah pada solusi yang benar, c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan teliti sesuai dengan yang direncanakan, d) memeriksa kembali, subjek memeriksa kembali rumus dan menghitung kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan. 2) Profil proses berpikir subjek FD dalam a) memahami masalah, subjek menulis apa yang diketahui dan apa yang ditanya serta mengidentifikasi hal yang diketahui dan yang ditanyakan dengan tidak tepat, b) membuat rencana pemecahan masalah, subjek tidak lengkap menyusun strategi dan tidak mengarah pada solusi, c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek melaksanakan rencana pemecahan masalah kurang lengkap, d) memeriksa kembali, subjek tidak memeriksa kembali jawabannya.
Kata kunci: Proses berpikir, aritmatika sosial, pemecahan masalah Polya, gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136642
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item