RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY OBJEK BERSEJARAH MUSEUM SULAWESI TENGAH MENGGUNAKAN METODE MARKER-BASED TRACKING DAN MARKERLESS AR

ARDIYANSYAH R (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY OBJEK BERSEJARAH MUSEUM SULAWESI TENGAH MENGGUNAKAN METODE MARKER-BASED TRACKING DAN MARKERLESS AR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pelestarian dan penyampaian informasi sejarah menjadi semakin populer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi AR yang menampilkan objek-objek bersejarah di Museum Sulawesi Tengah dengan menggunakan dua metode utama: marker-based tracking dan markerless AR. Metode marker-based tracking melibatkan penggunaan gambar fisik sebagai penanda untuk memunculkan objek AR, sementara metode markerless AR memungkinkan pengguna untuk memposisikan objek virtual dalam ruang nyata tanpa memerlukan penanda fisik. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman edukatif dan interaktif bagi pengunjung museum, serta mempromosikan pengetahuan tentang warisan budaya Sulawesi Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kedua metode ini dapat memberikan fleksibilitas dalam presentasi konten sejarah dan meningkatkan daya tarik museum bagi berbagai kalangan pengunjung.
Kata kunci- Augmented reality, marker-based tracking, markerless, museum

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136967
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item