RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE BERMUATAN EDUKASI MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY SUGENO SEBAGAI SCORING SYSTEM

ELDAD MARANTE LAMBE (2021) RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE BERMUATAN EDUKASI MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY SUGENO SEBAGAI SCORING SYSTEM. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi muda perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai fauna endemik yang ada di Sulawesi karena generasi muda merupakan generasi penerus yang akan mewarisi kekayaan alam di negeri ini. Oleh karena itu, dibangun sebuah game adventure yang memuat edukasi mengenai fauna endemik Sulawesi untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda. Salah satu fitur didalam game ini yaitu memiliki sebuah scoring system yang menggunakan Logika fuzzy Sugeno untuk memberikan umpan balik berupa skor kepada pemain berdasarkan hasil evaluasi selama bermain. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibangun game dengan judul "Petualangan Pato" yang dapat berjalan dengan baik berdasarkan hasil pengujian blackbox. Logika fuzzy sugeno sebagai scoring system didalam game dapat berjalan dengan baik. Serta game yang dibangun efektif meningkatkan pengetahuan bagi generasi muda mengenai fauna endemik Sulawesi. Hal tersebut terlihat dari pengujian Pre-test dan Post-Test yang yang datanya dihitung menggunakan gain ternormalisasi dengan hasil peningkatan sebesar 0,333 atau dalam kategori sedang.
Kata kunci : Game Adventure, Game Edukasi, Logika Fuzzy Sugeno, Scoring System

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136994
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item