RANTAI PASOK PAKAN TERNAK AYAM DI KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG

NI MADE DITA VALENSIA (2025) RANTAI PASOK PAKAN TERNAK AYAM DI KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rantai Pasok (Supply Chain) merupakan serangkaian proses bisnis dan informasi
yang terintegrasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemasok bahan baku
hingga konsumen akhir. Pemasaran merupakan tindakan-tindakan yang
menyebabkan berpindahnya hak milik atau benda-benda dan jasa dari produsen
sampai ke konsumen yang menumbuhkan distribusi fisik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui saluran distribusi dan informasi serta mengetahui saluran
pemasaran, margin dan efisiensi pemasaran pakan ternak ayam di Kecamatan
Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan
Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong selama 1 bulan dari bulan Juni-Agustus
2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan alat
pendukung berupa kueisioner. Pengambilan sampel dilakukan secara Snowball
Sampling atau pengambilan sampel dengan cara pendekatan untuk menemukan
informasi kunci. Untuk agen jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini
sebanyak 2 orang, pedagang besar jumlah sampel yang diambil dalam penelitian
ini sebanyak 4 orang, untuk pedagang pengecer 5 orang, dan untuk konsumen
diambil sebanyak 4 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Aspek yang di teliti yaitu saluran distribusi, saluran informasi dan
saluran pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan umur seluruh responden
berada di usia yang matang yaitu usia ? 40 tahun. Pendidikan terakhir penjual
pakan ternak adalah jenjang SMA dan Sarjana yang sama-sama berjumlah 4
orang. Pengalaman penjualan pakan ternak paling lama 1-10 tahun. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran pakan ternak
ayam di Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong, saluran pemasaran
pola I tergolong efisien, hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran bahwa
saluran pola I memiliki nilai efisien 5%. Margin pemasaran pola I yaitu sebesar
Rp. 100.000/ karung, pada saluran II memiliki margin sebesar Rp. 150.000/
karung, sedangkan pada saluran pola III memiliki margin sebesar Rp.
200.000/karung. Keuntungan tertinggi pemasaran pakan ternak ayam di
Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong terdapat pada pola
pemasaran III yaitu Rp. 155.000/karung dan keuntungan paling rendah terdapat
pada pola I yaitu Rp. 75.000/karung. Saluran distribusi pakan ternak ayam yaitu
produsen?agen?pedagang besar?pedagang pengecer?konsumen, dan saluran
informasi pakan ternak yaitu produsen?agen?pedagang besar?pedagang
pengecer?konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Peternakan dan Perikanan > Peternakan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/137122
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item