NI MADE DITA VALENSIA (2025) RANTAI PASOK PAKAN TERNAK AYAM DI KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Rantai Pasok (Supply Chain) merupakan serangkaian proses bisnis dan informasi 
yang terintegrasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemasok bahan baku 
hingga konsumen akhir. Pemasaran merupakan tindakan-tindakan yang 
menyebabkan berpindahnya hak milik atau benda-benda dan jasa dari produsen 
sampai ke konsumen yang menumbuhkan distribusi fisik. Penelitian ini bertujuan 
untuk mengetahui saluran distribusi dan informasi serta mengetahui saluran 
pemasaran, margin dan efisiensi pemasaran pakan ternak ayam di Kecamatan 
Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan 
Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong selama 1 bulan dari bulan Juni-Agustus 
2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan alat 
pendukung berupa kueisioner. Pengambilan sampel dilakukan secara Snowball 
Sampling atau pengambilan sampel dengan cara pendekatan untuk menemukan 
informasi kunci. Untuk agen jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini 
sebanyak 2 orang, pedagang besar jumlah sampel yang diambil dalam penelitian 
ini sebanyak 4 orang, untuk pedagang pengecer 5 orang, dan untuk konsumen 
diambil sebanyak 4 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif 
kualitatif. Aspek yang di teliti yaitu saluran distribusi, saluran informasi dan 
saluran pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan umur seluruh responden 
berada di usia yang matang yaitu usia ? 40 tahun. Pendidikan terakhir penjual 
pakan ternak adalah jenjang SMA dan Sarjana yang sama-sama berjumlah 4 
orang. Pengalaman penjualan pakan ternak paling lama 1-10 tahun. Hasil 
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran pakan ternak 
ayam di Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong, saluran pemasaran 
pola I tergolong efisien, hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran bahwa 
saluran pola I memiliki nilai efisien 5%. Margin pemasaran pola I yaitu sebesar 
Rp. 100.000/ karung, pada saluran II memiliki margin sebesar Rp. 150.000/ 
karung, sedangkan pada saluran pola III memiliki margin sebesar Rp. 
200.000/karung. Keuntungan tertinggi pemasaran pakan ternak ayam di 
Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong terdapat pada pola 
pemasaran III yaitu Rp. 155.000/karung dan keuntungan paling rendah terdapat 
pada pola I yaitu Rp. 75.000/karung. Saluran distribusi pakan ternak ayam yaitu 
produsen?agen?pedagang besar?pedagang pengecer?konsumen, dan saluran 
informasi pakan ternak yaitu produsen?agen?pedagang besar?pedagang 
pengecer?konsumen.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Peternakan dan Perikanan > Peternakan | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/137122 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

