MUHAMAD NIZAMULHAQ (2021) REPRESENTASI BUDAYA LOKAL TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI LPP RRI PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Muhamad Nizamulhaq, B 501 15 104.“Representasi Budaya Lokal
pada Iklan Layanan Masyarakat di LPP RRI Palu†Program Studi Ilmu
Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako.
Dibimbing oleh Achmad Herman
Berdasarkan Undang-Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 Pasal 5
yang menjelaskan bahawa penyiaran atau broadcasting berkewajiban untuk
memajukan budaya nasional yang ada di Indonesia. LPP RRI Palu sebagaia
Lembaga Penyiaran Publik bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal atau
kebudayaan lokal Kota Palu dengan cara memasukkan unsur-unsur budaya lokal
pada Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang diproduksi oleh LPP RRI Palu.
Tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui representasi unsur-unsur
budaya lokal pada Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di LPP RRI Palu dan kedua,
untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh LPP RRI Palu dalam
memproduksi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang memilki unsur budaya
lokalPenelitian ini merupakan metode penelitian tindakan (action research).
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui kegiatan observasi dan wawancara mendalam. Informan
dalam penelitian ini terdiri dari Kepala LPP RRI Palu, Kepala Lembaga
Pelayanan Umum (LPU), Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi Programa,
Kepala Seksi Programa 4 dan Penyiar LPP RRI Palu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang
diproduksi oleh LPP RRI Palu merepresentasikan kebudayaan lokal Kota Palu
khususnya kebudayaan lokal Suku Kaili. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan
bahasanya, kebiasaan yang tergambar dalam Iklan Layanan Masyarakat dan
penggunaan musik atau lagu daerah Suku Kaili. Upaya yang dilakukan oleh LPP
RRI Palu dalam memproduksi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang memiliki
unsur budaya lokal yaitu mengenali karakter masyarakat, mengangkat ide dari
fenomena-fenomena yang sedang viral dan menjalin kerja sama.
Kata Kunci : Representasi, Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Budaya
Lokal, LPP RRI Palu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/137272 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |