SISTEM PENJADWALAN MATA PELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM (STUDI KASUS : SMA NEGERI 5 KOTA PALU)

MOHAMMAD ZUBAIR (2020) SISTEM PENJADWALAN MATA PELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM (STUDI KASUS : SMA NEGERI 5 KOTA PALU). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat melakukan proses penjadwalan mata pelajaran sehingga memudahkan pegawai yang bertanggung jawab dalam pembuatan jadwal untuk membuat jadwal mata pelajaran pada SMA Negeri 5 Palu. Aplikasi penjadwalan mata pelajaran ini berbasis web dengan menggunkan bahasa pemrograman Hypertext Prepocessor (PHP) menggunkan algoritma ant colony system dalam pembuatan jadwal mata pelajaran dan menggunkan software sublime text 3 dan juga menggunakan MySql sebagai databasenya. Algoritma Ant Colony System (ACS) merupakan metode pencarian metaheuristik yang diinspirasi oleh perilaku semut dalam menyelesaikan permasalahan optimisasi. Ant Colony System (ACS) merupakan pengembangan dari Ant Colony Optimization. Secara informal ACS bekerja sebagai berikut, pertama kali, sejumlah semut ditempatkan pada sejumlah n titik berdasarkan beberapa aturan inisialisasi (misalnya, secara acak). Setiap semut membuat sebuah tour dengan menerapkan sebuah aturan transisi status secara berulang kali. Dalam penelitian ini menggunakan data guru dengan 62 guru, 28 kelas dan jumlah mata pelajaran 22 mata pelajaran. Hasil yang telah dilakukan oleh penulis ini sebagai solusi untuk membuat jadwal mata pelajaran di SMA Negeri 5 Palu, sehingga proses penjadwalan mata pelajaran dapat lebih efektif dari segi waktu dan operasional.

Kata Kunci : Sistem penjadwalan, Ant Colony Sistem (ACS), Mata Pelajaran, PHP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138268
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item