STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK DENGAN GANGGUAN BICARA DAN BAHASA EKSPRESIF DI KELOMPOK B RA EL-FAUZAN KINDERGARTEN KEL.BARU KEC.BAOLAN TOLITOLI

RIZQAH (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK DENGAN GANGGUAN BICARA DAN BAHASA EKSPRESIF DI KELOMPOK B RA EL-FAUZAN KINDERGARTEN KEL.BARU KEC.BAOLAN TOLITOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rizqah (2020). Strategi guru dalam menangani anak dengan gangguan bicara dan
bahasa ekspresif di kelompok B RA El-Fauzan Kindergarten Kelurahan
Panasakan Kecamatan Baolan Tolitoli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Shofiyanti Nur Zuama,
S.Psi., M.Si
Gangguan bicara dan bahasa ekspresif merupakan salah satu masalah
perkembangan yang biasa ditemukan pada anak, dimana anak mengalami
kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain, kesulitan mengungkapkan
pendapatnya, perasaannya maupun keinginannya. Sehingga orang tua maupun
guru tidak memahami apa yang disampaikan anak. Penelitian ini bertujuan untk
mengetahui strategi guru dalam menangani anak dengan gangguan bicara dan
bahasa ekspresif di kelompok B RA El-Fauzan Kindergarten Kelurahan
Panasakan Kecamatan Baolan Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan dilakukan dengan 3 teknik yaitu, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subyeknya yaitu 4 anak yang mengalami gangguan bicara dan
bahasa ekspresi dari jumlah keseluruhan 30 anak di kelompok B RA El-Fauzan
Kindergarten. Hasil penelitian ini menunjukkan usaha yang dilakukan oleh
pendidik di RA El-Fauzan Kindergarten Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan
Tolitoli dalam menangani anak dengan gangguan bicara dan bahasa ekspresif
yakni; a) Bertanya dan mengajak anak bercerita; b) Memperbaiki pengucapan
yang keliru atau penegasan kosa kata; c) Literasi sejak dini pada anak; d)
Pengembangan minat anak; e) Pemberian motivasi; f) Bermain bersama teman
sebaya; g) Kerjasama antara pendidik dan orang tua.
Kata Kunci : penanganan anak usia dini, gangguan bicara dan bahasa
ekspresif, perkembangan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138531
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item