MIRAWANTI S. UNTUH (2022) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Mirawanti S. Untuh. 2022. Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran
Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu,Program Studi Pendidikan
Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas, Pembimbing Mahfud M. Gamar
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis
masalah sangat baik digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa
karena siswa dituntut untuk aktif, berfikir kritis, serta mampu mengembangkan
keterampilan menyelesaikan masalah terutama pada mata sejarah. Karena,
pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang membosankan serta keaktifan
siswa masih sangat kurang dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkannya
pembelajaran berbasis masalah ini dianggap mampu dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana
strategi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di
SMA Negeri 5 Palu serta Bagaimana keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran
berbasis masalah pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan
pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu. dan untuk
mendeskripsikan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah
pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 5 Palu dan Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada guru mata
pelajaran sejarah dan siswa kelas X IPS serta Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Palu.
Hasil penelitian menunjukkan strategi guru dalam menerapkan pembelajaran
berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu yaitu: memberikan stimulus kepada
siswa dan membagi kelompok, menggunakan metode mengajar yang bervariasi,
memberikan motivasi. Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran berbasis
masalah pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu indikator
tercapainya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran berbasis masalah
yaitu: kerjasama dengan teman kelompok dalam memecahkan masalah,
mempresentasikan hasil kerjasama kelompok, dan bertanya serta menjawab
pertanyaan yang diajukan guru maupun pertanyaan kelompok lain.
Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Keaktifan
Belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138533 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |