RIFKA SAFITRI (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN LOLU 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rifka Safitri, 2023. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas
IV di SDN Lolu 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadukalo. Pembimbing Nashrullah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN Lolu 1 Palu. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif, dimana dalam
penelitian ini hanya mengumpulkan data-data yang tidak berhubungan dengan
angka-angka atau tidak menggunakan uji statistik. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN Lolu 1 Palu Jl. Kartini, Kel. Lolu Selatan, Kec. Palu Timur, Kota Palu pada
Tahun Pelajaran 2021/2022 tanggal 20 Mei 2021. Subjek dalam penilitian ini
adalah semua siswa kelas IV di SDN Lolu 1 Palu yang berjumlah 20 orang.
keterampilan guru dapat diperoleh data aspek melaksanakan pembelajaran, guru
dikategorikan Baik dengan mendapatkan Persentase 86,36%. Hasil pengamatan
meliputi 11 aspek yang dimana dari hasil pengamatan guru dengan pilihan
responden “sering†indikatornya adalah mengucapkan salam, mengabsen kehadiran
siswa, Menyampaikan tujuan pembelajaran, Memberikan motivasi belajar terhadap
peserta didik, Memberikan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik,
Memberikan latihan-latihan setelah menjelaskan pelajaran, Memotivasi peserta
didik yang kurang aktif, Memberikan bimbingan terhadap peserta didik yang
mengalami kesulitan belajar dengan jumlah skor 8 atau 72,73%. Berdasarkan data
hasil observasi siswa, disimpulkan bahwa siswa kelas IV selama proses
pembelajaran dapat dikategorikan sangat kurang dengan persentase 41,98%.
Kesulitan yang dialami peserta didik di SDN Lolu 1 Palu yaitu: kesulitan belajar,
kesulitan memahami soal yang diberikan, dan kesulitan belajar berhitung. Strategi
guru menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di kelas IV SDN
Lolu 1 Palu yaitu: 1) Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi
perubahan tingkah laku dan kepribadian siswa sebagaimana yang diharapkan. 2)
Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan
hidup masyarakat. 3) Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan tehnik belajar
mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan
oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya. 4) Menetapkan norma-norma
dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga
dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan
belajar kegiatan belajar mengajar dan selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat
penyempurnaan sistem intruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138538 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |