STRATEGI GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI KELAS X IPS 1 SMA KATOLIK SANTO ANDREAS PALU

FREDRIK A TABURU (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI KELAS X IPS 1 SMA KATOLIK SANTO ANDREAS PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Fredrik A. Taburu,2022.Strategi Guru dalam Mengefktifkan Pembelajaran
Sejarah Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kelas X SMA Katolik Santo
Andreas Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam
mengefekifkan pembelajaran sejarah pada pembelajaran tatap muka terbatas di
kelas X IPS 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu dan mengetahui faktor
pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengefektifkan pembelajaran
sejarah pada pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS 1 SMA Katolik
Santo Andreas Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah kesiswaan, guru sejarah dan 5
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa strategi guru dalam
mengefektifkan pembelajaran sejarah pada pembelajaran tatap muka terbatas di
kelas X IPS 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu adalah mengirim materi pada
aplikasi classroom untuk dipelajari siswa, dan adanya penggunaan media
pembelajaran membantu guru dalam pelaksanaan baik pembelajaran di kelas
maupun pembelajaran online, dan saat pembelajaran berlangsung di kelas guru
hanya menjelaskan inti. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru sejarah
dalam menfektifkan pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS 1 SMA
Katolik Santo Andreas Palu. Faktor pendukung yaitu tersedianya media
pembelajaran seperti infocus untuk menampilkan powerpoint, dan aplikasi untuk
media pembelajaran online. Sedangkan faktor penghambat strategi guru dalam
mengefektifkan pembelajaran tatap muka terbatas diantaranya waktu dalam
mengajar di kelas terbatas, kendala kuota internet siswa, pembatasan pergerakan
guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi, Mengefektifkan Pembelajaran, Tatap Muka Terbatas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138540
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item