STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 5 PALU

NURFATHRAH F. KUSEN (2023) STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana strategi guru sejarah dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu? 2).Apa faktor
pendukung strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII
IPS SMA Negri 5 Palu? 3). Apa faktor penghambat guru sejarah dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu . Tujuan penelitian ini yaitu: 1).
Mendeskripsikan strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas
XII IPS SMA Negri 5 Palu. 2). Mendeskripsikan faktor pendukung strategi guru sejarah
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu . 3).
Mendeskripsikan faktor penghambat strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu .Penelitian ini dilaksanakan dengan
metode deskriptif kualitatif. Adapun Subyek penelitian ini berjumlah 1 guru Sejarah dan
4 Siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 palu.Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini Adalah: 1) Obsevasi, 2) Wawancara Dan 3) Dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil
penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi strategi guru sejarah dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu menggunakan beberapa
strategi/metode tergantung dari situasi dan kondisi siswa. Adapun metode yang
digunakan seperti metode ceramah, metode tanya jawab,metode diskusi, metode kerja
kelompok, dan metode tugas. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa yaitu berasal dari faktor internal misalnya rasa ingin tahu yang tinggi dari
siswa dan faktor eksternal misalnya dukungan dari orang tua dan lingkungan bahkan dari
guru mata pelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa yaitu berasal dari internal misalnya rasa malas dan bosan dari siswa dan faktor
eksternal misalnya pengaruh dari teman dekat
Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138558
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item