FATUR HAIKAL (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BNN KOTA PALU DALAM PROGRAM KIE (KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI) DI SMAN 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Fatur Haikal B50118188 “Strategi Komunikasi Program KIE
(Komunikasi Informasi dan Edukasi) Oleh BNN (Badan Narkotika Nasional)
Kota Palu (Studi Pada SMAN 1 Palu)†Program Studi Ilmu Komunikasi,
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Tadulako. Di bawah bimbingan Andi Febri Herawati sebagai konsultan
pertama, dan Rizqy Alfiyati sebagai konsultan kedua.
Kegiatan sosialisasi dalam instansi merupakan langkah awal pelaksanaan
program yang akan dijalankan dalam jangka waktu yang lama. Metode sosialisasi
yang dapat dilakukan oleh seorang Public Relations yaitu sosialisasi yang
dilakukan kepada masyarakat. Sosialisasi program kerja dari perusahaan
merupakan hal penting untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat atau
pihak eksternal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan sosialisai program
KIE oleh BNN Kota Palu bagi siswa-siswi SMAN 1 Palu. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan strategi komunikasi
KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi sebagai pisau analisisnya. Data diperoleh
dari observasi dan wawancara langsung dengan siswa-siswi di SMAN 1 Palu. Data
yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer.
Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa strategi komunikasi yang
dilakukan BNN dengan cara menentukan komponen dalam strategi komunikasi
yaitu mengenali sasaran komunikasi sebelum melaksanakan sosialisasi dengan cara
menyesuaikan metode dan teknik penyampaian pesan. Pemilihan media untuk
mencapai sasaran komunikasi BNN memilih salah satu atau gabungan dari
beberapa media dalam hal ini menggunakan media offline. Pengkajian Tujuan
Pesan komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada khalayak sasaran
dalam strategi komunikasi mempunyai tujuan untuk menentukan teknik yang harus
diambil dan digunakan, antara lain Teknik informasi, Teknik persuasi, dan Teknik
instruksi. Pesan dirumuskan oleh komunikator idealnya tepat mengenai khalayak
sasaran menentukan pesan merupakan komponen penting dalam komunikasi dan
pesan yang disampaikan dalam sosialisasi adalah pesan informatif dan persuasif.
Peranan Komunikator dalam komunikasi merupakan pihak yang menjalankan
proses strategi komunikasi.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Program KIE
(Komunikasi, Informasi dan Edukasi), BNN (Badan Narkotika
Nasional)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138582 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |