STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN DONGGALA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA GEMPA DAN TSUNAMI

REZKY RENALDY (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN DONGGALA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA GEMPA DAN TSUNAMI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rezky Renaldy, B 501 14 077 “Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas
Pariwisata Kabupaten Donggala Dalam Meningkatkan Kunjungan
Wisatawan Pasca Gempa dan Tsunami”, Universitas Tadulako dibawah
bimbingan Sumarni Zainuddin.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang
dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala dalam meningkatkan jumlah
kunjungan wisatawan pasca gempa dan tsunami dan mengetahui dampak bencana
terhadap strategi komunikasi pemasaran melalui promosi wisata yang dilakukan
Dinas pariwsisata Kabupaten Donggala dalam meningkatkan jumlah kunjungan
wisatawan pasca gempa dan tsunami.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam
penelitian ini berjumlah tiga (3) orang yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten
Donggala, Kepala Bidang Usaha dan Pemasaran Pariwisata, dan Kepala Bidang
Destinasi Wisata.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa Dinas Pariwisata
Kabupaten Donggala menggunakan baruan promosi periklanan (advertising)
dalam bentuk brosur dan bekerja sama dengan akun media sosial @like_donggala,
acara dan pengalaman (event and experience) dalam bentuk kegiatan Pesona
Donggala untuk memperkenalkan objek wisata yang ada di Kabupaten Donggala.
Hubungan masyarakat (public relations) dalam bentuk promosi tempat wisata,
kampanye program pariwisata dan pengenalan budaya serta objek wisata. Dampak
lain dari bencana di Kabupaten Donggala yaitu Kabupaten Donggala yang
awalnya tidak terkenal menjadi terkenal setelah bencana yang terjadi, sehingga
akan lebih mudah menarik perhatian calon wisatawan untuk berkunjung ke
Kabupaten Donggala. Bauran promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata
Kabupaten Donggala dapat menarik wisatawan pasca bencana meskipun
pemanfaatan media sosial belum berjalan secara maksimal.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Promosi Pariwisata Kabupaten Donggala

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138605
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item