AKHROJA NUR AZMI (2024) STRATEGI MANAJEMEN OPERASIONAL PADA MB BAKERY & COFFE DI KELURAHAN BESUSU TENGAH KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Akhroja Nur azmi, “Strategi Manajemen Operasional Pada MB Bakery and Coffe
di Kelurahan Besusu Tengah Kecamatan Palu Timur Kota Paluâ€. Dibimbing oleh
Sulaeman Miru dan Syamsuddin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan strategis dalam
manajemen operasional yang diterapkan pada MB Bakery & Coffe, kemudian
menggunakan analisis Five Force Porters untuk mengetahui keunggulan bersaing
MB Bakery & Coffe di dalam industri coffe shop di Kota Palu. Metode penelitian
menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Besusu
Tengah Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan cara wawancara mendalam dengan informan yang menjadi narasumber
pada penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan dengan
menggunakan Five Porter Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MB
Bakery & Coffe telah menerapkan sepuluh keputusan strategis dalam manajemen
operasional pada tempat usahanya. Berdasarkan Five Porter Analysis dapat
ditemukan: 1) Tantangan MB Bakery & Coffe adalah akan hadirnya satu coffe shop
pendatang baru di Kota Palu sebagai pesaing baru. 2) Kekuatan daya beli
masyarakat pada MB Bakery & Coffe saat ini masih berada pada kondisi yang sama
karena mayoritas tamu adalah tamu lama yang tingkat loyalitasnya tinggi,
sedangkan tamu baru masih minim. Hal tersebut disebabkan oleh semakin tinggi
tingkat persaingan café dan coffe shop di Kota Palu dan keinginan tamu yang
dinamis. 3) Ancaman produk pengganti tidak terlalu menjadi masalah tersendiri
pada MB Bakery & Coffe saat ini, tetapi perusahaan dituntut harus terus berinovasi
untuk mempertahankan eksistensi perusahaan. 4) Kekuatan daya pemasok di MB
Bakery & Coffe cukup tinggi. Semua bahan makanan dan biji kopi yang sudah di
roaster pihak MB Bakery & Coffe sangat selektif dalam memilih bahan, karena
sajian yang disajikan untuk para costumer haruslah dengan kualitas baik. 5) MB
Bakery & Coffe mendapatkan dua pesaing utama yang memiliki konsep yang sama
dengan tempat usaha ini. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kota Palu Tahun
2023 jumlah kedai kopi dan coffe shop di Kota Palu adalah sebanyak 67 tempat
usaha. Hal tersebut menjadikan industri café dan coffe shop di Kota Palu semakin
sengit.
Kata Kunci: Keputusan Strategis Manejemen Operasional, Five Force Porter,
Coffe Shop
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138630 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |