STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 PALU

SRI RAHAYU (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sri Rahayu, (2021) A31117021 yang berjudul Strategi Pembelajaran Sejarah
Menggunakan Sistem Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA
Negeri 4 Palu, Skripsi Program Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Tadulako. Nuraedah (Pembimbing)
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi
pembelajaran sejarah menggunakan sistem daring pada masa pandemi Covid-19
di SMA Negeri 4 Palu ? (2) Bagaimana dampak strategi pembelajaran daring
dalam pembembelajaran sejarah masa pandemi Covid-19 ?. Tujuan penelitian ini
adalah (1) menjelaskan strategi pembelajaran sejarah dengan menggunakan sistem
daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Palu (2) menjelaskan
dampak strategi pembelajaran daring dalam pembelajaran sejarah pada masa
pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
taknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data
yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam
penelitian ini adalah dua orang Guru sejarah yakni Guru sejarah kelas XII IPS 5
dan Guru sejarah kelas XII IPS 3 SMA Negeri 4 Palu dan delapan orang Siswa
kelas XII IPS 5 dan XII IPS 3 SMA Negeri 4 Palu. Berdasarkan data yang
diperoleh, pengolahan dan analisis, maka hasil penelitian ini menunjukan 1)
strategi yang digunakan Guru dalam proses pembelajaran secara daring
dikategorikan cukup baik, karena Guru telah berupaya sebaik mungkin dalam
menyampaikan materi kepada peserta didik meskipun dalam keadaan
pembelajaran yang berlangsung secara daring, dalam proses pembelajaran daring
Guru menggunakan media WhatsApp, Classroom, Google Meet, dan Youtube
merupakan media pendukung untuk menyampaikan materi. 2) dampak dari
strategi pembelajaran yang diterapkan oleh Guru dinilai baik dikarenakan pada
awal pembelajaran daring mulai diterapkan Siswa merasa kurang termotivasi
karena pembelajaran yang dianggap monoton, sehingga Guru menambahkan
media Youtube sebagai pembantu dalam menyampaikan materi, sehingga Siswa
bisa lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran daring dan hasil belajar
Siswa meningkat.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sistem Daring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138766
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item