Strategi Pemilihan Media PT. Hadji Kalla Cabang Palu Dalam Melakukan Promosi

ANISA RAHMI (2020) Strategi Pemilihan Media PT. Hadji Kalla Cabang Palu Dalam Melakukan Promosi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Anisa Rahmi. B501 12 030 Strategi Pemilihan Media PT. Hadji Kalla Cabang Palu Dalam Melakukan Promosi. Dibimbing oleh pembimbing I Hj. Israwaty Suriady dan pembimbing II Fitriani Puspa Ningsih
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pemilihan media PT. Hadji Kalla Cabang Palu dalam melakukan promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi pemilihan media yang memiliki 3 poin yaitu efisiensi, segmentasi dan jenis media. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang yang terdiri dari 1 supervisor, 1 Costumer service officer, 1 sales lapangan dan 1 sales counter dengan tekhnik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan menentukan kriteria yaitu lama bekerja minimal 5 tahun dan orang yang mengetahui tentang proses pemilihan media dalam promosi di perusahaan PT. Hadji Kalla Cabang Palu. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara. Tekhnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif (Sudarto, 2002:66).
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemilihan media yang dilakukan PT. Hadji Kalla Cabang Palu dalam melakukan promosi yaitu mempertimbangkan 3 hal, yaitu, efisiensi, segmentasi dan jenis media. Efisiensi adalah penghematan dalam biaya, tenaga, pemikiran dan waktu yang dikeluarkan oleh PT. Hadji Kalla cabang palu untuk mencapai hasil dari penggunaan media yang dipilih. Dalam hal ini, pengiklanan merupakan bagian dari efisiensi. Karena menggunakan iklan membantu perusahaan dalam menghemat waktu dalam menyampaikan informasi kepada calon pelanggan. Bagian lain dari efisiensi yang dilakukan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Palu yaitu melakukan kerja sama dengan instansi perbankan dan pemerintahan dalam melakukan promosi. Segmentasi, adalah proses pengelompokan konsumen yang dilakukan PT. Hadji Kalla cabang palu, proses ini dapat diukur dengan melihat usia, jenis kelamin, dan lain-lain. Misalnya promosi yang dilakukan PT. Hadji Kalla Cabang Palu melakukan promosi di pusat perbelanjaan dengan memamerkan type city car dengan target pasar wanita karena yang mendominasi pengunjung di pusat perbelanjaan adalah wanita. Sedangkan penggunaan media yang dilakukan PT. Hadji Kalla Cabang Palu dalam melakukan promosi yaitu menggunakan media massa misalnya koran radar sulteng, Radio RRI dan billboard. Sedangkan media nirmasa yang digunakan berupa komunikasi personal dan media kelompok seperti gathering, brosur dan personal selling.
Kata Kunci : Strategi, Promosi, Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138785
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item