STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 SIRENJA

DITHA ASTRIANA (2021) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 SIRENJA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ditha Astriana, 2020, Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran
Sejarah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar siswa kelas XI IIS 2 Di SMA
Negeri 1 Sirenja, Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing. Dr. Hasan,M.Hum
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1)Bagaimana Strategi yang
dilakukan guru dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1
Sirenja, kedua, (2) Masalah apa saja yang dihadapi guru Sejarah dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja.
Penelitian ini bertujuan untuk mwndeskripsikan pelaksanaan strategi pengelolaan
kelas dalam peembelajaran sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja, mendeskripsikan masalah-masalah yang
dihadapi guru sejarah dalam pengelolaan kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif, lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sirenja. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Kuisioner, wawancara, dan
dokumentasi yang dijadikan dasar untuk membahas masalah penelitian. Sumber
data penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2, Guru mata pelajaran sejarah.
Adapun analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yang
menggambarkan tentang pelaksanaan Strategi Pengelolaan kelas dalam
pembelajaran sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa XI IIS 2 SMA
Negeri 1 Sirenja. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan
kelas dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas
XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja telah mampu mencapai target tujuan pembelajaran
dan prestasi yang diinginkan, masalah dalam pengelolaan kelas yang terjadi di
kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja adalah masalah tingkah laku siswa
diantaranya siswa yang mengganggu temannya, dan siswa yang kurang percaya
diri dan kurang nya kedisiplinan yang menjadi salah satu masalah yang dihadapi
oleh guru
Kata Kunci : Strategi, pengelolaan kelas & Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138809
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item