STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN WERA SALUOPA DESA WERA KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO

FINNY OKTAFIANIE SIGAR (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN WERA SALUOPA DESA WERA KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN WERA SALUOPA DESA WERA KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO
Oleh
Finny Oktafianie Sigar1, Jusnan Kello2

Kabupaten Poso merupakan salah satu kabupaten yang berada dalam lingkup pemerintahan dan Provinsi Sulawesi Tengah. Dimana potensi pariwisata pada Kabupaten Poso terdiri atas wisata bahari yang berada di bawah laut maupun di atas laut, wisata sejarah, wisata budaya, dan agrowisata yang dapat dikembangkan sebagai o byek wisata rekreasiAir Terjun Saluopa merupakan salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia. Selain itu, di sekitar lokasi obyek wisata akan ditemukan beraneka ragam fauna, juga menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara yang segar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menyusun strategi pengembangan obyek wisata Air Terjun Saluopa. Untuk Mengidentifikasi potensi dan permasalahan pengembangan obyek wisata dan Merumuskan strategi pengembangan obyek wisata
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penggambilan sampel secara sengaja (sadar) dengan infoman kunci yang dianggap penting. Pengelolaan data menggunakan aplikasi perangkat lunak software Arc 10.2 dengan metode Overlay. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis SWOT menggunakan matriks IFAS dan EFAS
Hasil penelitian menggunakan IFAS dan EFAS menunjukan. Skor rata-rata dari matrik IFAS adalah 3,279 dengan kekuatan tertinggi adalah potensi alam air Terjun Wera Saluopa dan EFAS adalah 2,566 dengan faktor ancaman tertinggi yaitu terjadinya pencemaran lingkungan di obyek wisata Air Terjun Saluopa.Sehingga dapat diketahui nilai Internal-Eksternal (IE) berada pada sel V, yang merupakan strategi terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah menjaga dan mempertahankan posisi pariwisata yang ada, kebijakan yang umum dari strategi ini adalah dengan melakukan pengembangani pasar melalui event yang dilakukan setiap tahun dan mengembangkan produknya yang potensial.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Faktor Ekstenal, Faktor Internal, Air Terjun Saluopa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138914
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item