STRATEGI PENGEMBANGAN TANAMAN NILAM (Pogostemon Cablin Benth) DI DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA.

NURLINA (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN TANAMAN NILAM (Pogostemon Cablin Benth) DI DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
NURLINA, C 101 17 117. STRATEGI PENGEMBANGAN TANAMAN NILAM (Pogostemon Cablin Benth) DI DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA. Pembimbing I H. Armin Muis, Pembimbing II Nurnaningsih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah strategi yang harus dilakukan dengan menganalisis strategi pengembangan tanaman nilam di Desa Kampung Baru Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala, memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada serta mengurangi kelemahan dan ancaman tanaman tersebut. Sampel penelitian sebanyak 25 rumah tangga petani nilam, pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Dengan, menggunakan alat analisis SWOT.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Tabel Matriks SWOT IFAS dan EFAS, didapatkan posisi strategi pengembangan komoditi tanaman nilam di Desa Kampung Baru berada pada koordinat (2,86;2,88) didapatkan posisi strategi pengembangan tanaman nilam merujuk pada sel V, yaitu konsentrasi melalui integrasi horizontal (stability) dengan hal yang perlu dilakukan dalam upaya pengembangan tanaman nilam ialah peningkatan produktifitas atau kualitas dari tanaman tersebut baik perluasan jumlah luas lahan dan penyuluhan tentang pengetahuan petani dalam aspek budidaya tanaman yang perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Nilam, Analisis SWOT, Strategi Pengembangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/138955
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item