STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAMBAL ROA PADA INDUSTRI FLAMBOYAN DI KELURAHAN PANAU KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU

SRI CAHYA UTAMI S (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAMBAL ROA PADA INDUSTRI FLAMBOYAN DI KELURAHAN PANAU KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sambal roa merupakan salah satu makanan olahan yang berasal dari ikan
roa atau lebih dikenal dengan ikan julung-julung (Hermihampus sp). Sambal roa
dijual dengan harga Rp. 25.000/botol, masing-masing berukuran 150 gram/botol.
Ikan roa bisa diolah menjadi makanan olahan sebagai pelengkap makanan seperti
sambal roa, salah satu Industri yang mengolah ikan roa adalah Industri
Flamboyan. Olahan berbahan dasar ikan roa ini terkendala pada menurunnya
produksi sambal roa pasca terkena dampak tsunami pada tahun 2018 dan
dikarenakan keadaan pandemi covid-19 di Indonesia saat ini menyebabkan
permintaan terhadap sambal roa berkurang, selain itu letak usaha yang kurang
strategis membuat industri ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif yang baik untuk diterapkan pada
usaha sambal roa pada Industri Flamboyan.
Responden pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang dipilih dari pihak
internal dan eksternal. Responden pihak internal terdiri dari 1 orang pimpinan, 1
orang karyawan, sedangkan responden pihak eksternal terdiri dari 1 orang
konsumen yang sering membeli sambal roa, 1 orang konsumen yang baru
beberapa kali membeli sambal roa, 1 orang pegawai Dinas Perindustrian dan
perdagangan dan 1 orang pesaing Raja bawang. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis SWOT.
Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan
dalam pengembangan usaha sambal roa pada Industri Flamboyan berada di
kuadran I yaitu pada posisi strategi Kekuatan-Peluang (SO). Strategi SO yaitu
(Strenghts-Opportunities) atau strategi kekuatan-peluang yaitu menggunakan
kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal, artinya
dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki
kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada.
Alternatif strategi yang dihasilkan yaitu, (1) Mempertahankan cita rasa yang khas
dan tanpa bahan pengawet untuk menangkap peluang pasar dan menjalin
hubungan yang baik dengan konsumen, (2) Memperluas jaringan pemasaran yaitu
bekerjasama dengan pemerintah dengan memanfaatkan media promosi dan
kualitas produk tanpa bahan pengawet, (3) Memanfaatkan pengalaman usaha dan
harga produk yang terjangkau untuk peluang pasar baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/139058
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item