STRATEGI-STRATEGI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INGGRIS PADA NEW NORMAL ERA DI SMA NEGERI 1SIGI

MAHARANI PUTALAN (2022) STRATEGI-STRATEGI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INGGRIS PADA NEW NORMAL ERA DI SMA NEGERI 1SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Maharani Putalan, (A 121 16 064). “Strategi-Strategi Mengajar Bahasa Inggris
Pada Era New Normal di SMA Negeri 1 Sigi”. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Dr.
Hj. Sriati Usman M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengajaran bahasa Inggris di
era new normal akibat Covid-19, khususnya bagaimana pembelajaran bahasa
Inggris dapat diselesaikan selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Sigi.
Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengidentifikasi penerapan karakteristik dan
jenis strategi mengajar melalui analisis kegiatan belajar-mengajar guru,
mengetahui langkah-langkah mengajarnya dan media apa yang digunakan untuk
pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasinya
adalah guru di SMA Negeri 1 Sigi. Teknik yang digunkan pada pengumpulan data
ialah wawancara dan observasi. Samplenya ialah semua guru bahasa Inggris di
sekolah tersebut. Ada tiga strategi yang ditemukan yaitu strategi pembelajaran
berbasis inkuiri, pembelajaran Discovery, dan pembelajaran kontekstual.
Menghadapi era new normal yang menerapkan pembelajaran jarak jauh,
ditemukan bahwa guru-guru SMA Negeri 1 Sigi menerapkan strategi sesuai teori
pendekatan e-learning. Media yang digunakan adalah platform WhatsApp dan
Google classroom. Kegiatannya adalah memberikan materi berupa video atau
gambar yang dilanjutkan dengan penjelasan, kemudian pemberian tugas, tugas
yang sudah selesai dikirim ke WhatsApp jika tugas dalam bentuk video, dikirim
kembali ke media Google Classroom jika dalam bentuk word, atau dapat dibawa
langsung ke guru jika disajikan dengan tulisan tangan. Selama masa pandemi,
umumnya guru bahasa Inggris di sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran
mandiri di rumah masing-masing, namun setiap guru mengadakan pertemuan
tatap muka untuk setiap kelas minimal seminggu sekali di sekolah atau di tempat
lain yang juga digunakan untuk memantau kondisi siswa, memberikan konsultasi
termasuk memberikan motivasi agar giat belajar di rumah.
Kata Kunci: Descriptive study, Strategy, Teacher’s strategies, New Normal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/139175
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item