DIAH SEPTIYANI (2021) STUDI KASUS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 11 RIO PAKAVA DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Diah Septiyani, 2020. Studi Kasus Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS
di Kelas V SDN 11 Rio Pakava Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah,S.Pd.,M.Pd
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di SDN 11 Rio Pakava bahwa peneliti
mengamati perilaku siswa dengan model belajar kunjungan rumah oleh guru dan
siswa belajar secara kelompok maksimal 5 orang dimasa covid 19 ini pada kelas V
SDN 11 Rio Pakava, dalam proses pembelajaran dan saat jam istirahat, peneliti
menemukan siswa yang tidak mengerjakan PR, kurangnya referensi tentang materi
IPS, berdasarkan hasil wawancara penaliti terhadap siswa kelas V SDN 11 Rio
Pakava tentang pelajaran IPS bahwa masih ada anggapan belajar IPS adalah
mudah/tidak penting IPS tidak menjadi bagian dari indikator kelulusan sekolah,
membosankan, tidak menarik, pembelajaran IPS yang bersifat satu arah guru lebih
mendominasi pembelajaran dari siswa serta banyak hafalan, dan penggunaan media
pembelajaran yang kurang. Tujuan penelitian Untuk mengungkap faktor-faktor
penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran IPS di kelas V
SDN 11 Rio Pakava dan Untuk mengetahui upaya guru mengatasi siswa yang
mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 11 Rio Pakava.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil
Penyebab kesulitan belajar siswa adalah kurangnya perlakuan guru dalam
memberikan bahan-bahan bacaan mengenai mata pelajaran IPS, kurangnya
penggunaan media pelajaran IPS, serta kurang mendapat perhatian orang tua
apabila siswa itu mendapat nilai rendah, kesiapan, minat, intelegensi siswa dalam
mengikuti mata pelajaran IPS, dan cacat tubuh yang diderita siswa dan Upaya yang
dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu melakukan pembelajaran
dengan menggunkan model pembelajaran, penggunaan media gambar, memberikan
pelajaran tambahan sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan, memberikan
tugas rumah dan pengajaran remedial.
Kata Kunci: Studi Kasus, Kesulitan Belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/139487 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |