SARMANTO R. PAGALLA (2022) STUDI KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU SEJARAH KELAS X IS I TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 4 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sarmanto R.Pagalla,2022 “Studi Kemampuan Komunikasi Guru Mata
Pelajaran Sejarah Kelas X IS I Terhadap Model Pembelajaran Daring Di SMA
Negeri 4 Sigi†Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing: Mutawakkil
Permasalahan dalam artikel penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana
kemampuan komunikasi guru mata pelajaran sejarah kelas X IS I dalam
memberikan pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran daring di SMA
Negeri 4 Sigi? (2) Bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap efektivitas
pembelajaran sejarah kelas X IS I ditengah pandemi Covi-19 di SMA Negeri 4
Sigi? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi
guru mata pelajaran sejarah kelas X IS I dalam memberikan pembelajaran sejarah
melalui model pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Sigi; (2) Menganalisis
dampak pembelajaran daring terhadap efektivitas pembelajaran sejarah kelas X IS
I ditengah pandemi covid-19 di SMA Negeri 4 Sigi; Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah pemeriksaan ulang (editing),
pengelompokkan data (classifying), analisis data (analizing) dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan komunikasi guru
sejarah kelas X IS I dalam melaksanakan model pembelajaraan daring pada mata
pelajaran sejarah belum terlihat dalam melaksanakan komunikasi yang baik
dengan peserta didik kelas X IS I. (2) Pola komunikasi guru sejarah kelas X IS I
dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran
daring melalui aplikasi whatsapp terdiri dari tiga pola yaitu mengecek kehadiran
peserta didik, memberikan materi, mengumpulkan tugas. Minimnya komunikasi
guru sejarah kelas X IS I dalam memberikan pembelajaran sejarah berdampak
pada kurangnya keaktifan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran secara
daring.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Daring, Guru Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/139531 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |