HANIF MOHAMMAD DJ. HANUSU (2023) Studi Tentang Implementasi Teknik Clustering Dalam Pengajaran Writing. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Hanif Mohammad Dj. Hanusu (A 121 19 225). “Studi tentang
Implementasi Teknik Clustering dalam Pengajaran Menulisâ€. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan
Konder Manurung dan Zarkiani Hasyim.
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana teknik clustering
diimplementasikan dalam pengajaran menulis teks recount dan seberapa efektif
pengimplementasian teknik clustering dalam pengajaran menulis teks recount.
Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kepustakaan. Sumber data
diambil dari beberapa dokumen artikel ilmiah dan skripsi antara 2013 dan 2022.
Ada dua artikel ilmiah dan tiga skripsi yang ditinjau, yaitu : Samsiati (2014);
Puspitasari (2016); Sholihah, Sutapa dan Susilawati (2018); Mad-Adam (2020);
Juanda, Amri, dan Syafrizal (2022). Hasil analisis menunjukkan bahwa
implementasi teknik clustering dalam pengajaran menulis teks recount dilakukan
dengan prosedur teknik clustering dari para ahli yang berbeda. Para peneliti pada
lima studi mengadaptasi dan memodifikasi prosedur teknik clustering dari Rico
(1983), Buscemi (2002), Meade (2010) dan Kalandadze (2007). Lima studi
menunjukkan bahwa para peneliti mengimplementasikan teknik clustering dengan
cara yang berbeda. 1) Samsiati membebaskan siswa untuk mengungkapkan ide-
ide mereka sebagai topik dan kata-kata terkait. 2) Puspitasari membiarkan siswa
berpikir dan menulis sebanyak mungkin ide dan kata yang berhubungan dengan
topik utama. 3) Sholihah, Sutapa dan Susilawati membimbing siswa untuk bekerja
dalam kelompok, berpasangan, hingga individu dalam setiap pertemuan. 4) Mad-
Adam memberikan prosedur lebih rinci dan menambahkan satu prosedur kreatif.
5) Juanda, Amri dan Syafrizal menjelaskan prosedur yang lebih sederhana dan
mudah dipahami. Berdasarkan lima studi yang ditinjau, mereka menunjukkan
bahwa teknik clustering efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan
menulis teks recount siswa. 1) dengan menggunakan teknik clustering, dapat
membantu memotivasi siswa untuk menulis bahasa Inggris. 2) sebagian besar
siswa antusias untuk belajar menulis teks recount dengan menggunakan teknik
clustering. 3) teknik clustering membuat siswa lebih kreatif dalam menghasilkan
ide. 4) peneliti menemukan bahwa siswa telah memahami tentang bagaimana
menulis teks recount. 5) masalah siswa dapat diselesaikan setelah penerapan
teknik clustering. Itu berarti bahwa pengimplementasian teknik clustering dalam
pengajaran menulis teks recount efektif meskipun digunakan dengan cara yang
berbeda.
Kata Kunci: teknik clustering, menulis teks recount
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/139812 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |