Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM ) Uwe Lino Kabupaten Donggala Terhadap Pelanggan Ditinjau Dalam Prespektif Hukum Perjanjian

ELMAWATI (2020) Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM ) Uwe Lino Kabupaten Donggala Terhadap Pelanggan Ditinjau Dalam Prespektif Hukum Perjanjian. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

TANGGUNG JAWAB HUKUM PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) UWE LINO KABUPATEN DONGGALA TERHADAP PELANGGANDITINJAU DALAM PRESPEKTIF
HUKUM PERJANJIAN

Elmawati / D101 13 447

PEMBIMBING I : Dr. SyamsuddinBaco, SH,MH
PEMBIMBING II : AndiBustamin Dg. Kunu, SH, MH

ABSTRAK
Permasalahan yang akan dikaji dalam karyailmiah ini adalah : (1) KonstruksiHubunganHukumantaraperusahaandaerah air minumdenganpelanggan, (2) Hakdankewajiban PDAM danpelangga. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan Bahwa Hubunganhukumantaraperusahaan air minumdenganpelanggan.Membangunghubunganmasyarakat yang benar-benardekat, sehingaperusahaanmengetahuibanyakhalmengenaimasyarakatmemangtidaklahmudah. Apalagi, kalaujumblamasyarakattersebutcukupbanyak yang hampirtidakmemungkinkankantor PDAM UWE LINO KABUPATEN DONGGALA memahamisatupersatumasyarakatdenganbaikdanlengkap. Apabilaterjaditindakanpidanaataupelangaranantarpelanggandan PDAM penyelesaianditempuholehjalurhukum.Yaituhukumantaralain, hukumpidana, hukumperdata, maupunmelaluibadanpenyelesaiansengketapelanggan, BPSK adapunpermasalahan yang mengakibatkankerugianpihakpelangganaturanyamengacupadaperaturanperundang-undanganyang berkaitankepadapelanggankhususnyaUndang-UndangNomor 8 Tahun 1999 tentangPerlindungganKonsumen. Adapun yang menjadifaktor Perusahaan Daerah Ari Minum (PDAM) UweLinoKabupatenDonggalabelumbertanggungjawabsepenuhnyadalammendistribusikan air bersihkepadapelangganadalahkurangnyaperalatan, kurangnyalahanuntukdipergunakanuntukmemberikankompenasigantirugiterhadappelanggan yang dirugikan.Upaya-upayapenyelesaian yang dilakukanolehpihakpelangganadalahdatangke Perusahaan Daerah Air Minumuwelinokabupatendonggalameminta agar segeramemperbaikikualitas air yang distribusikankepadapelanggan, penyelesaiansecaradamaidankekeluargaan, dansampaisejauhinitidakpernahmengajukangugatankepengadilanataujalurlitigasi.

Kata Kunci: PDAM; Perjanjian; TanggungJawab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/140235
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item