THE IMPLEMENTATION OF TASK-BASED LEARNING IN TEACHING SPEAKING SKILLS OF THE GRADE X STUDENTS OF SMA NEGERI 1 AMPIBABO

WIWIT WARDHANI (2024) THE IMPLEMENTATION OF TASK-BASED LEARNING IN TEACHING SPEAKING SKILLS OF THE GRADE X STUDENTS OF SMA NEGERI 1 AMPIBABO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Wiwit Wardhani (A 121 19 188). Skripsi ini berjudul The Implementation of
Task-Based Learning to Improve Speaking Skills of Grade X Students di SMA
Negeri 1 Ampibabo. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru,
Universitas Tadulako. Ia berada di bawah pengawasan Nadrun dan Anjar
Kusuma Dewi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran berbasis tugas dapat meningkatkan keterampilan berbicara SMP
Negeri 1 Ampibabo atau tidak. Penelitian ini bersifat quasi-eksperimental. Desain
kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel dibagi menjadi dua kelas: kelompok
eksperimental dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimental terdiri dari 30
siswa, dan kelompok kontrol terdiri atas 30 siswa. Mereka dipilih menggunakan
teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data adalah pre-test dan post-test.
Alat untuk mendapatkan skor siswa adalah tes lisan dalam bentuk tes bicara.
Data tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus t-test. Data tersebut
dianalisis melalui statistik inferensial, yang menunjukkan bahwa nilai t-test 3.23
lebih tinggi dari t-table 1.67, dengan tingkat signifikan 0.05. Selain itu, skor ratarata
dari kelompok eksperimen meningkat dari pra-test (48.13) ke posttest (66.4),
dengan skor penyimpangan 18.26, dan kelompok kontrol juga meningkat dari
Pra-Test (41.8) ke Posttest (46.93), dengan skor Penyimpangan 5.13. Dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis tugas dapat
meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMAN 1 Ampibabo, atau bahwa
ada peningkatan yang signifikan dalam berbicara setelah menggunakan metode
belajar berbasis pekerjaan.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Tugas, Meningkatkan Kemampuan
Berbicara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/140471
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item