NILAWATI (2020) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nilawati, 2019. Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia terhadap Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Sindue : ( Kajian Pragmatik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr Syamsuddin, M.Hum.
Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk Tindak tutur direktif pada guru bahasa indonesia di SMP N 2 Sindue ? (2) Bagaimanakah fungsi Tindak direktif pada guru bahasa indonesia di SMP N 2 Sindue?. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana bentuk tindak direktif dan fungsi tindak direktif dalam pembelajaran di SMP N 2 Sindue. Penelitian ini merupakan penelitian pragmatik dengan metode deskriptif yang mendeskripsikan suatu keadaan yang sebenarnya dan hasilnya nanti tidak hanya berupa hasil laporan semata tetapi merupakan interpretasi ilmiah. Hasili penelitian menunjukan bahwa tindak direktif pada guru bahasa indonesia adalah bentuk direktif Perintah, bentuk direktif permintaan, bentuk direktif persilaan, bentuk direktif larangan, bentuk direktif bertanya dan bentuk direktif menasihati. Fungsi dari tindak direktif adalah fungsi memerintah, fungsi, permintaan, fungsi larangan, fungsi bertanya, dan fungsi menasihati.
Kata Kunci : Bentuk Tindak Direktif, Fungsi Tindak Direktif, Guru Bahasa
Indonesia SMP N 2 Sindue.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/140530 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |