MOH. ARDIANSYAH H. M (2022) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tutorial Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tutorial Secara Online 
pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Moh. Ardiansyah H. M*, Vera Diana Towidjojo**, ***
* Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departeman Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia
ABSTRAK
Pendahuluan: Pandemi COVID-19 berdampak bagi masyarakat di seluruh aspek 
salah satunya bagian pendidikan. Sehingga pemerintah memilih opsi lain agar 
pendidikan tetap bisa berjalan. Salah satunya adalah dengan menerapkan 
pembelajaran berbasis daring. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara 
online termasuk dengan kegiatan Problem Based Learning (PBL) sesi tutorial. 
Kebijakan mengenai kuliah berbasis online ini akan mempengaruhi tingkat 
kepuasan mahasiswa.
Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran 
tutorial secara online pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.
Metode: Penelitian ini menggunakan design penelitian deskriptif kuantitatif. Cara 
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Instrumen yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berisi pertanyaan/pernyataan yang 
terdiri dari tiga indikator, yaitu indikator kinerja tutor, fasilitas yang ada dan 
pemahaman mahasiswa terhadap tutorial secara daring. 
Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa pada indikator 
kinerja tutor sebesar 954,4 yang termasuk dalam kategori puas. Pada indikator 
fasilitas didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 1.087 yang termasuk 
dalam kategori sangat puas, namun kategori sangat puas yang digunakan pada 
indikator ini mengandung makna ganda dan disesuaikan dengan konteks 
pertanyaan. Pada indikator pemahaman mahasiswa didapatkan tingkat kepuasan 
mahasiswa sebesar 976,6 yang termasuk dalam kategori sangat puas. 
Kesimpulan: Tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan indikator kinerja tutor 
sebesar 954,4 yang termasuk dalam kategori puas, pada indikator fasilitas tingkat
kepuasan mahasiswa sebesar 1.087 yang termasuk dalam kategori sangat puas dan 
pada indikator pemahaman mahasiswa sebesar 976,6 yang termasuk dalam kategori 
sangat puas.
Kata Kunci: COVID-19, kuliah online/daring, Problem Based Learning (PBL), 
tingkat kepuasan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/140642 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

