MOH. ARDIANSYAH H. M (2022) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tutorial Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tutorial Secara Online
pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Moh. Ardiansyah H. M*, Vera Diana Towidjojo**, ***
* Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departeman Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia
ABSTRAK
Pendahuluan: Pandemi COVID-19 berdampak bagi masyarakat di seluruh aspek
salah satunya bagian pendidikan. Sehingga pemerintah memilih opsi lain agar
pendidikan tetap bisa berjalan. Salah satunya adalah dengan menerapkan
pembelajaran berbasis daring. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara
online termasuk dengan kegiatan Problem Based Learning (PBL) sesi tutorial.
Kebijakan mengenai kuliah berbasis online ini akan mempengaruhi tingkat
kepuasan mahasiswa.
Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran
tutorial secara online pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.
Metode: Penelitian ini menggunakan design penelitian deskriptif kuantitatif. Cara
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berisi pertanyaan/pernyataan yang
terdiri dari tiga indikator, yaitu indikator kinerja tutor, fasilitas yang ada dan
pemahaman mahasiswa terhadap tutorial secara daring.
Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa pada indikator
kinerja tutor sebesar 954,4 yang termasuk dalam kategori puas. Pada indikator
fasilitas didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 1.087 yang termasuk
dalam kategori sangat puas, namun kategori sangat puas yang digunakan pada
indikator ini mengandung makna ganda dan disesuaikan dengan konteks
pertanyaan. Pada indikator pemahaman mahasiswa didapatkan tingkat kepuasan
mahasiswa sebesar 976,6 yang termasuk dalam kategori sangat puas.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan indikator kinerja tutor
sebesar 954,4 yang termasuk dalam kategori puas, pada indikator fasilitas tingkat
kepuasan mahasiswa sebesar 1.087 yang termasuk dalam kategori sangat puas dan
pada indikator pemahaman mahasiswa sebesar 976,6 yang termasuk dalam kategori
sangat puas.
Kata Kunci: COVID-19, kuliah online/daring, Problem Based Learning (PBL),
tingkat kepuasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/140642 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |