MOHAMMAD FAUZI (2023) TUNDAAN PADA SIMPANG TAK BERSINYAL DI KOTA PALU (Studi Kasus: Jalan I Gusti Ngurah Rai – Jalan Tavanjuka Mas Dan Jalan Setia Budi – Jalan Tadulako). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini terletak di Kota Palu yang merupakan Ibu Kota Sulawesi Tengah. Setiap tahunnya
menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan yang menimbulkan permasalahan transportasi khususnya
transportasi darat yang menimbulkan kemacetan, antrian, maupun tundaan. Tujuan dari penelitian mengetahui
nilai dan perbedaan tundaan hitungan dan nilai tundaan lapangan. Lokasi penelitian ialah simpang jalan I
Gusti Ngurah Rai – jalan Tavanjuka Mas dan simpang jalan Setia Budi – jalan Tadulako. Metode yang
digunakan adalah hitungan tundaan berdasarkan MKJI 1997 dan tundaan lapangan berdasarkan selisi waktu
tempuh normal dan waktu tempuh ideal.
Hasil penelitian menunjukan hitungan nilai tundaan pada Jalan I Gusti Ngurah Rai – Jalan
Tavanjuka Mas di pagi hari D = 7,36 det/kend, di siang hari D = 8,00 det/kend, dan di sore hari D= 8,69
det/kend. Pada Jalan Setia Budi – Jalan Tadulako di pagi hari D = 9,52 det/kend, di siang hari D = 7,05
det/kend, dan di sore hari D= 8,34 det/kend. Sedangkan perbedaan antara hitungan nilai tundaan dan nilai
tundaan lapangan pada Jalan I Gusti Ngurah Rai – Jalan Tavanjuka Mas untuk MC = 40,82 %, LV = 37,79 %,
dan HV = 39,90 %. Pada Jalan Setia Budi - Jalan Tadulako untuk MC = 48,92 %, LV = 48,91 %, dan HV =
55,07 %. Didapatkan dari nilai perbedaan rata-rata pada perhitungan nilai tundaan dan nilai rundaan lapangan.
Kata kunci :Tundaan, waktu tempuh, simpang tak bersinyal, MKJI 1997.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142054 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |