UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP NEGERI 12 PALU

MIRANDA (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP NEGERI 12 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Miranda, 2023 "Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata
pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Jamaludin.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya
kesulitan belajar pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu dan
untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata
pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah
52 orang yaitu 1 orang guru PPKn dan 51 orang siswa kelas VII. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi,
dan Angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa : 1. Penyebab siswa mengalami kesulitan belajar ada dua faktor yaitu
faktor Internal : Aspek fisiologis (Siswa mengalami gangguan pada kesehatan
tubuh, jika kesehatannya terganggu maka siswa kurang efektif dalam mengikuti
pembelajaran, Siswa terkadang bosan sehingga mengantuk pada saat menerima
pembelajaran didalam kelas dan Siswa kurang menunjukan kepribadian baik
misalnya kurang sopan, bolos dan mengganggu teman ketika jam pelajaran).
Aspek Psikologis (Terkadang siswa tidak mampu menguasai materi pembelajaran
dengan waktu yang telah ditentukan, Kurangnya minat siswa belajar PPKn).
Sedangkan Faktor Eksternal : keadaan kelas tidak kondusif, sehingga suasana
belajar yang tidak nyaman dan keadaan ekonomi keluarga yang membuat siswa
tidak bersemangat dalam belajar dan kurangnya motivasi dari orang tua. 2. Upaya
guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sudah cukup baik. Hal tersebut
dilihat dari upaya yang lakukan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar
ialah : 1). Guru membuat suasana belajar yang menyenangkan, 2). Menggunakan
metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak bosan dan menggantuk, 3).
Memberikan motivasi kepada siswa agar selalu semangat belajar, 4). Guru
melakukan kegiatan pengayaan, 5). Melaksanakan program pengajaran perbaikan
atau remedial apabila siswa tidak mencapai hasil belajar yang bagus dan tidak
mencapai tujuan pembelajaran atau dengan kata lain ulangan harian tidak
mencapai nilai KKM ( Kriteria ketuntasan minimal), 6). Kerjasama guru dan
orang tua yang dimana ketika siswa mengalami kesulitan belajar guru langsung
menghubungi orang tua siswa agar orang tua siswa memperhatikan anaknya.
Kata kunci : Upaya guru, Kesulitan belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142469
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item