MIRANDA (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP NEGERI 12 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Miranda, 2023 "Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata 
pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Paluâ€. Skripsi. Program Studi 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Pancasila dan 
Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Jamaludin.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya 
kesulitan belajar pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu dan 
untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata 
pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu. Metode penelitian yang 
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 
52 orang yaitu 1 orang guru PPKn dan 51 orang siswa kelas VII. Teknik 
pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, 
dan Angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi 
data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan 
bahwa : 1. Penyebab siswa mengalami kesulitan belajar ada dua faktor yaitu 
faktor Internal : Aspek fisiologis (Siswa mengalami gangguan pada kesehatan 
tubuh, jika kesehatannya terganggu maka siswa kurang efektif dalam mengikuti 
pembelajaran, Siswa terkadang bosan sehingga mengantuk pada saat menerima 
pembelajaran didalam kelas dan Siswa kurang menunjukan kepribadian baik 
misalnya kurang sopan, bolos dan mengganggu teman ketika jam pelajaran).
Aspek Psikologis (Terkadang siswa tidak mampu menguasai materi pembelajaran 
dengan waktu yang telah ditentukan, Kurangnya minat siswa belajar PPKn). 
Sedangkan Faktor Eksternal : keadaan kelas tidak kondusif, sehingga suasana 
belajar yang tidak nyaman dan keadaan ekonomi keluarga yang membuat siswa 
tidak bersemangat dalam belajar dan kurangnya motivasi dari orang tua. 2. Upaya 
guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sudah cukup baik. Hal tersebut 
dilihat dari upaya yang lakukan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar 
ialah : 1). Guru membuat suasana belajar yang menyenangkan, 2). Menggunakan 
metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak bosan dan menggantuk, 3). 
Memberikan motivasi kepada siswa agar selalu semangat belajar, 4). Guru 
melakukan kegiatan pengayaan, 5). Melaksanakan program pengajaran perbaikan 
atau remedial apabila siswa tidak mencapai hasil belajar yang bagus dan tidak 
mencapai tujuan pembelajaran atau dengan kata lain ulangan harian tidak 
mencapai nilai KKM ( Kriteria ketuntasan minimal), 6). Kerjasama guru dan 
orang tua yang dimana ketika siswa mengalami kesulitan belajar guru langsung 
menghubungi orang tua siswa agar orang tua siswa memperhatikan anaknya.
Kata kunci : Upaya guru, Kesulitan belajar siswa
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142469 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

