UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 TERPENCIL LOMBOK

RIAMI (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 TERPENCIL LOMBOK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Riami, (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran
Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Terpencil Lombok.
Skripsi program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif
Firmansyah

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik upaya
pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan model pembelajaran
Examples non examples. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar
IPS pada peserta didik kelas IV SD Inpres 2 Terpencil Lombok yang berjumlah 10
siswa 4 laki-laki dan 6 perempuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik tes. Teknik aanalisis yang digunakan adalah kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus. Setiap
siklus terdiri dari dua pertemuan. Tingkat pencapaian aktivitas guru siklus I 80?ngan kategori baik dan sikus II 91,66?ngan kategori sangat baik. Tingkat
pencapaian aktivitas pesera didik siklus I 68,33?ngan kategori cukup dan siklus II
88,33?ngan ketegori sangat baik. Tingkat ketuntasan belajar klasikal peserta didik
di siklus I adalah 60?n siklus II adalah 90% sedangkan nilai rata-rata pada siklus I
adalah 70,5 dn siklus II 81. Berdasarkan hasil tersebut sapat disimpulkan bahwa
penerapan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres 2 Terpencil Lombok.

Kata kunci : model pembelajaran examples non examples, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142519
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item