Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Sidondo Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Kooperatif Tipe STAD

SURLIAN (2025) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Sidondo Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Kooperatif Tipe STAD. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Surlian, 2024. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Sidondo pada mata pelajaran IPA melalui metode kooperatif tipe STAD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing 1Rizal dan Pembimbing II Surahman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, (c) Pengamatan/observasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 2 sidondo. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres 2 Sidondo yang berjumlah 12 orang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase daya serap klasikal siswa sebesar 71,4% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal siswa sebesar 80,8% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 91%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 9,4?ri siklus I sebesar 71,4?n siklus II sebesar 80,8%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 16?ri siklus I sebesar 75?n siklus II sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Sidondo pada pembelajaran IPA.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142526
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item