UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES LEBO PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE BERMAIN PERAN

ANIARTIN (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES LEBO PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE BERMAIN PERAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aniartin, 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres
Lebo pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Bermain Peran. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP
Universitas Tadulako. Pembimbing : (I) Huber Yaspin Tandi., (II) Arif
Firmansyah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian tindakan
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di
Kelas V SD Inpres Lebo. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar.
Upaya pemecahan masalah yang digunakan yakni dengan menggunakan metode
bermain peran. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD Inpres Lebo yang
berjumlah 22 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data
dikumpulkan melalui lembar aktivitas guru dan siswa serta Tes hasil tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami
peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus
I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,36%. Pada siklus II hasil tes
belajar mengalami peningkatan yakni diperoleh persentase ketuntasan klasikal
sebesar 95,45%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode bermain peran, Hasil belajar, PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142533
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item