UPAYA PENANGANAN BULLYING MELALUI PENANAMAN NILAI- NILAI SEJARAH DI SMA GKST 2 TENTENA

YEMIMA KRISALITA GO'U (2024) UPAYA PENANGANAN BULLYING MELALUI PENANAMAN NILAI- NILAI SEJARAH DI SMA GKST 2 TENTENA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya Penanganan Bullying Melalui Penanaman
Nilai- Nilai Sejarah Di SMA GKST 2 Tentena. Skripsi Program Studi Pendidikan
Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud
M. Gamar. S. Pd., M. Pd
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis bentuk-bentuk perilaku bullying
yang terjadi di SMA GKST 2 Tentena. (2) Untuk mendeskripsikan dampak dari
perilkau bullying terhadap siswa di SMA GKST 2 Tentena. (3)Untuk
mengetahui penanganan yang harus dilakukan oleh pihak sekolah guna
mengatasi bullying melalui penanaman nilai- nilai sejarah di SMA GKST 2
Tentena. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan Teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMA GKST 2 Tentena.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Bentuk- bentuk bullying yang terjadi di
SMA GKST 2 Tentena adalah verbal dan non- verbal. Dampak perilaku bullying
terhadap siswa di SMA GKST 2 Tentena menunjukan bahwa siswa pelaku
bullying menjadi terbiasa dan bahkan menikmati serta meningkatkan ego
mereka untuk terus menindas korban. Sedangkan korban bullying mengalami
trauma yang mendalam sehingga membuat siswa merasa takut, malas, sedih,
marah, murung, menjadi lebih pendiam dan perubahan pada perilakunya.
Penanganan bullying melalui penanaman nilai- nilai sejarah di SMA GKST 2
Tentena tentunya terdapat faktor pendukung seperti adanya koordinasi antara
pihak sekolah dan lembaga yang menaungi serta orang tua siswa dan adanya
Gerakan bersama sekolah peduli terhadap tanggap bullying. Sedangakan faktor
penghambat yaitu banyak siswa yang kesulitan untuk melapor kepada guru
dikarenakan timbul rasa takut pada diri korban dan kesulitan- kesulitan guru
dalam mengontrol perilaku siswa saat berada di luar kelas.
Kata Kunci : Penanganan, bullying, nilai- nilai sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/142564
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item