-, YUNI RAHMA TANTI (2019) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Yuni Rahma Tanti. 2019. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di
SMP Negeri 4 Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan ditinjau dari
Gaya Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mustamin Idris dan
pembimbing (2) Anggraini.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh gambaran kemampuan
komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Palu dalam menyelesaikan soal cerita
himpunan berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan angket gaya belajar. Subjek
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil
dari 28 siswa yaitu satu siswa yang memiliki gaya belajar visual, satu siswa yang
memiliki gaya belajar auditorial, dan satu siswa yang memiliki gaya belajar
kinestetik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Subjek bergaya belajar visual
menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, dan
menggunakan simbol-simbol matematika dalam menyelesaikan masalah, serta
pada saat menuliskan yang diketahui tetapi tidak menggunakannya pada saat
menuliskan yang ditanyakan, dan juga subjek menggambarkan diagram venn
yang sesuai dengan soal yang diminta beserta dengan keterangan pada diagram
venn, kemudian subjek menggunakan langkah-langkah dalam menyelesaikan
permasalahan, serta subjek menyimpulkan jawaban yang diperoleh diakhir
penyelesaian. (2) Subjek bergaya belajar auditorial menuliskan informasi yang
diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, subjek juga menggunakan simbolsimbol matematika dalam menyelesaikan masalah dan pada saat menuliskan
informasi yang diketahui akan tetapi simbol yang digunakan masih kurang
lengkap, serta subjek tidak menggunakannya pada saat menuliskan informasi
ditanyakan, selanjutnya subjek menggambarkan diagram venn yang sesuai
dengan soal yang diminta beserta dengan keterangan pada diagram venn,
kemudian subjek menggunakan rumus-rumus yang sesuai dalam menyelesaikan
permasalahan, serta subjek juga menyimpulkan jawaban yang diperoleh diakhir
penyelesaian. (3) Subjek bergaya belajar kinestetik menuliskan informasi yang
diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, subjek juga menggunakan simbol
matematika yang kurang tepat saat menuliskan informasi yang diketahui dan saat
menyelesaikan permasalahan, kemudian subjek menggambarkan diagram venn
yang sesuai dengan soal yang diminta beserta dengan keterangan pada diagram
venn, selanjutnya subjek menggunakan rumus yang tidak sesuai dalam
menyelesaikan permasalahan sehingga jawaban akhir yang didapatkan salah,
serta subjek tidak menyimpulkan hasil akhir jawaban yang diperoleh.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 05:44 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 05:44 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150285 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

