ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMAN 5 MODEL PALU

-, INTAN PANDINI (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMAN 5 MODEL PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kesalahan penulisan dan
penggunaan ejaan yang disempurnakan, padahal EYD merupakan hal yang harus
diperhatikan ketika menulis. Kesalahan tersebut karena kurangnya pemahaman
siswa mengenai penggunaan ejaan yang tepat. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bentuk kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada karangan
narasi siswa kelas XI SMAN 5 Model Palu. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeksripsikan kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam
karangan narasi yang ditulis oleh siswa kelas XI SMAN 5 Model Palu. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan
data tertulis, yang bersumber dari karangan narasi yang ditulis oleh 27 siswa kelas
XI SMAN 5 Model Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik tes, dokumentasi, pengamatan, dan pencatatan. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan
disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan masih
banyak dilakukan oleh siswa saat menulis karangan narasi. Adapun jenis-jenis
kesalahan yang dilakukan adalah 1) kesalahan penggunaan huruf; huruf kapital,
huruf kecil, dan huruf miring, 2) kesalahan penggunaan tanda baca yang meliputi;
penggunaan tanda titik, tanda seru, dan tanda hubung, 3) kesalahan penulisan kata
yang meliputi; kata dasar, kata turunan, kata ganti, kata depan, dan partikel.
Kesalahan tersebut dikarenakan siswa kurang memahami kaidah dalam penulisan
dan penggunaan ejaan yang disempurnakan, sehingga melanggar kaidah yang
telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 04 Nov 2025 05:59
Last Modified: 04 Nov 2025 05:59
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150289
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item