PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES 1 TOMOLI

-, MOH. ARIF (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES 1 TOMOLI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh. Arif, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered
Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA Kelas V Sdn Inpres 1 Tomoli. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 1 Tomoli. Salah satu faktor yang
menyebabkan adalah metode mengajar yang kurang menarik, sehingga hasil
kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Pada penelitian tindakan kelas
ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Tomoli. Model pembelajaran
kooperatif tipe NHT terdiri dari 7 fase pembelajaran yaitu 1) menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) penomoran, 4) mengajukan
pertanyaan atau permasalahan, 5) berfikir bersama, 6) menjawab (evaluasi), 7)
memberi penghargaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus
terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I dengan persentase
ketuntasan klasikal sebesar 62,96% dengan nilai rata-rata 69,96%. Hasil observasi
kegiatan guru siklus I sebesar 78,26% atau berada pada kategori baik dan hasil
observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 81,52% atau berada pada kategori
sangat baik. Hasil siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada
penelitian ini yaitu 70 dan Kriteria Belajar Klasikal yaitu 70%, sehingga di lanjut
di siklus II. Pada siklus II persentasi ketuntasan klasikal sebesar 85,18% dengan
nillai rata-rata 79,62 serta hasil observasi kegiatan guru sebesar 84,78% atau berada
pada kategori sangat baik dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 89,18% atau
berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan peningkatan hasil belajar, maka
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres 1 Tomoli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:22
Last Modified: 04 Nov 2025 06:22
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150296
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item