ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAUSU PADA KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

-, AYU SRI PUSPITA DEVI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAUSU PADA KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan memahami makna tentang
kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sausu pada
konsep sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kemampuan
matematika. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan koneksi matematis
siswa pada konsep sistem persamaan linear dua variabel yang berkemampuan
tinggi (Subjek TG) meliputi: siswa mengetahui tentang informasi yang ada pada
soal dengan lengkap dan tepat karena mampu mengaitkan soal dengan konsep
konsep yang dipelajari sebelumnya, siswa mengaitkan soal melalui representasi
dalam bentuk gambar persegi panjang dan melalui representasi simbolik terhadap
konsep keliling persegi panjang dan selisih antara panjang dan lebarnya, siswa
memahami konsep-konsep yang ada dan mengaitkan konsep-konsep tersebut
melalui prosedur yang tepat dalam menyelesaikan soal SPLDV. 2) Kemampuan
koneksi matematis siswa pada konsep sistem persamaan linear dua variabel yang
berkemampuan sedang (Subjek SD) meliputi: siswa mengetahui tentang informasi
yang ada pada soal dengan lengkap dan tepat karena mampu mengaitkan soal
dengan konsep-konsep yang dipelajari sebelumnya, siswa mengaitkan soal
melalui representasi simbolik terhadap konsep keliling persegi panjang dan selisih
antara panjang dan lebarnya, siswa tidak paham dengan baik konsep-konsep yang
ada dalam menyelesaikan soal SPLDV dan melakukan kesalahan prosedural
terhadap konsep yang dikaitkan dalam menyelesaikan soal SPLDV. 3)
Kemampuan koneksi matematis siswa pada konsep sistem persamaan linear dua
variabel yang berkemampuan rendah (Subjek RN) meliputi: siswa tidak
mengetahui semua informasi yang ada pada soal secara benar, siswa melakukan
kesalahan dalam mengaitkan soal melalui representasi simbolik, siswa tidak
paham konsep-konsep yang ada dalam menyelesaikan soal SPLDV dan
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV karena konsep dan
prosedur yang dikaitkan salah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:47
Last Modified: 04 Nov 2025 06:57
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150299
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item