-, NURUL ALFIAT (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII A SMP NEGERI 6 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di
kelas VII A SMP Negeri 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A
yang berjumlah 25 siswa dan dipilih tiga sebagai informan. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian penelitian Kemmis
dan Mc. Taggart yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil
penelititian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siwa pada materi persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dengan mengikuti fase-fase pembelajaran
kooperatif yaitu: 1) Mempersiapkan siswa dan menyampaikan tujuan yaitu
peneliti menyampaikan tujuan dan memberikan apersepsi dan motivasi, 2)
Menyajikan informasi, peneliti menyampaikan topik materi dan menjelaskan
model pembelajaran yang digunakan beserta cara kerja dua buah tongkat dan
instrumen musik, 3) Mengorganisir siswa ke dalam tim-tim belajar, peneliti
membentuk 4 kelompok belajar yang terdiri dari 6 siswa setiap kelompok, 4)
Membantu kerja tim dan belajar, Peneliti membagikan LKPD pada tiap-tiap
kelompok , menjelaskan LKPD serta menekankan untuk bekerja sama, 5)
Mengevaluasi, peneliti menyampaikan siswa untuk menutup buku selanjutnya
penleiti menjalankan tongkat secara estafet dengan bantuan instrumen musik dan
memberikan pertanyan kepada kedua siswa pemegang tongkat, dan memberikan
kesempatan siswa lain untuk memberikan tanggapan kepada jawaban kedua siswa
selanjutnya siswa dan peneliti bersama-sama menarik kesimpulan, 6)
Memberikan pengakuan atau penghargaan, peneliti memberikan penghargaan
kepada kelompok terbaik berupa tepuk tangan dan hadiah yang sudah
dipersiapkan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 07:07 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 07:07 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150313 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

