MENINGKATKAN HASIL BERNYANYI PADA MATA PELAJARAN SBK DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MALEI

-, ULFA (2019) MENINGKATKAN HASIL BERNYANYI PADA MATA PELAJARAN SBK DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MALEI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulfa (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Pada Mata Pelajaran SBK
Dengan Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas IV Di SDN 1 Malei. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Masalah utama sehingga dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini adalah
rendahnya kemampuan siswa dalam bernyanyi, hal ini di karenakan bahwa kurangnya
inspirasi siswa sehingga sulit dalam bernyanyi. Untuk meningkatkan kemampuan
tersebut maka peneliti menerapkan metode latihan terbimbing ini bertujuan agar
mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam bernyanyi. Desain penelitian ini
mengacu pada langkah penelitian yang dikemukakan kemmis dan Mc Tanggar yang
dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 (empat) tahapan
yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) Refleksi.
Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa SDN I MALEI yang tergabung dalam
lagu wajib nasional dan lagu anak-anak dengan jumlah 6 laki-laki 11 perempuan.
Setelah melakukan penelitian di peroleh data sebagai berikut bahwa tes awal siswa
dalam bernyanyi diperoleh data dengan nilai rata-rata 67,71% dan ketuntasan klasikal
53% sedangkan pada siklus 1 diperoleh data nilai rata 71,76% dan ketuntasan klasikal
68,67% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa diperoleh 80,67% dan
ketuntasan klasikalnya 99,66%. Dengan melihat pada perkembangan penelitian ditiap
siklusnya bahwa nilai siswa mengalami peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa
penelitian dengan menggunakan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil
belajar bernyanyi siswa kelas IV SDN 1 MALEI.
Kata kunci : Metode Latihan Terbimbing, Peningkatan Kemampuan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:08
Last Modified: 04 Nov 2025 07:08
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150315
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item