-, NILUH LELYAWATI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN INPRES 2 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Niluh Lelyawati, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Metode
Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Inpres
2 Talise.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Arif Firmansyah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
menggunakan metode pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan di terapkan pada siswa kelas III
SD Inpres 2 Talise dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan
14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil
belajar siklus I diperoleh persentase tuntas klasikal 48% dan siklus II yaitu 86%.
Hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 66,6% dikategorikan baik dan siklus
II yaitu 90% dikategorikan sangat baik. Sedangkan Hasil observasi aktivitas
siswa siklus I sebesar 68,3% dan siklus II yaitu 80% dikategorikan sangat baik..
Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan model pembelajaran Group
Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa di
kelas III SD Inpres 2 Talise.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation, Mata
Pelajaran IPS
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 00:57 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 00:57 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150332 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

