-, ANITA SORAYA (2014) EVALUASI KINERJA SIMPANG PADA KAWASAN TAMAN GOR KOTA PALU (Studi Kasus Simpang Jl. Moh. Hatta – Jl. Gatot Subroto dan Simpang Jl. Moh. Hatta – Jl. Khairil Anwar – Jl. Mawar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
yang salah satunya adalah sarana transportasi atau jalan. Seiring dengan kemajuan zaman dan
pertumbuhan diberbagai aspek kehidupan, dari sini dapat kita simpulkan yakni terjadi peningkatan
arus lalu lintas pada jalan-jalan perkotaan yang mengakibatkan bertambahnya permasalahan
permasalahan lalu lintas.
Untuk mengoptimalkan fungsinya, jalan harus memiliki kinerja yang standar dan
direncanakan. Jl. Moh. Hatta merupakan bagian dari jalan utama yang ada di kota Palu, yang mana
aktivitas di daerah jalan ini cukup besar. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisa arus lalu lintas pada jalan Moh.Hatta baik sebelum maupun setelah adanya perubahan
arah, sehingga dapat diketahui seberapa besarnya pengaruh perubahan arah lalu lintas tersebut
terhadap kinerja simpang. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian pada simpang Jl. Moh. Hatta – Jl.
Gatot Subroto, menggunakan pengendalian lalu lintas dengan 3 fase.
Berdasarkan analisis persimpangan tersebut masih mampu melayani arus lalu lintas, dimana
derajat kejenuhannya (DS) 0,54, sedangkan untuk simpang tak bersinyal Jl. Moh. Hatta – Jl. Khairil
Anwar – Jl. Mawar, didapat derajat kejenuhan (DS) 0,64. Namun setelah dilakukan perubahan arah
lalu lintas nilai DS menjadi lebih kecil yaitu 0,36. Ini lebih baik dibandingkan dengan arah arus lalu
lintas yang lama, dan setelah diprediksi untuk 5 tahun kedepan (sampai tahun 2018), simpang Jl. Moh.
Hatta – Jl. Khairil Anwar – Jl. Mawar ternyata masih mampu untuk melayani arus lalu lintas yang
terjadi. Sedangkan untuk simpang Jl. Moh. Hatta – Jl. Gatot Subroto masih mampu melayani arus lalu
lintas yang terjadi pada simpang tersebut baik dalam kondisi eksisting maupun pada hingga tahun ke 5
(2018) dengan faktor pertumbuhan arus lalu lintas asumsi sebesar 5,70%.
Kata Kunci : Lalu Lintas, Kinerja, Simpang, Derajad Kejenuhan, MKJI 1997.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Teknik > Teknik Sipil T Technology > Teknik Sipil |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Sipil |
| Depositing User: | arsyad arsyad |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 01:58 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 01:58 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150358 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

