PROSES BERPIKIR SISWA SMA NEGERI 6 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

-, Ni Putu Wiwik Noviani (2019) PROSES BERPIKIR SISWA SMA NEGERI 6 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMA Negeri
6 Palu dalam memecahkan masalah lingkaran berdasarkan langkah-langkah Polya
ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA
Negeri 6 Palu yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Hasil
penelitian ini adalah 1) Proses berpikir subjek visual dalam a) memahami
masalah, subjek membaca soal tanpa bersuara lalu menggaris bawahi keterangan
penting untuk mengidentifikasi hal-hal yang diketaui dan ditanyakan, b) membuat
rencana pemecahan, subjek menjelaskan rencananya dengan menggambarkan
situasi yang dimaksud dalam soal, c) melaksanakan rencana pemecahan, subjek
menandai jawabannya dengan coretan persegi panjang, sesekali diam memandang
ke satu arah menandakan ia sedang berkonsentrasi, d) memeriksa kembali, subjek
memeriksa operasi hitung dan mengulang berhitung. 2) Proses berpikir subjek
auditorial dalam a) memahami masalah, subjek membaca soal berulang kali dalam
hati ditandai dengan gerakkan bibirnya untuk mengidentifikasi hal-hal yang
diketahui dan ditanyakan, suara-suara ribut akan membuat subjek sulit
berkonsentrasi, b) membuat rencana, subjek mengungkapkan rencana pemecahan
masalah yang telah disusun dengan lancar, c) melaksanakan rencana pemecahan,
subjek menggerakan bibirnya seperti sedang berbicara pada dirinya sendiri, subjek
juga lambat dalam menuliskan jawabannya, d) memeriksa kembali jawaban,
subjek memeriksa kembali langkah-langkah pengerjaannya untuk memastikan
tidak ada kesalahan. 3) Proses berpikir subjek kinestetik dalam a) memahami
masalah, subjek membaca berulang di dalam hati dengan menggunakan pulpen
sebagai penunjuk, subjek juga menggoyangkan kaki, b) membuat rencana, subjek
mengungkapkan rencana dengan menunjuk ke kertas soal, subjek tidak
menggunakan semua informasi penting untuk membuat rencana, c) melaksanakan
rencana pemecahan, subjek mengetuk-ngetukan pulpen di kepala menandakan
subjek fokus memikirkan apa yang sedang dikerjakan, d) memeriksa kembali
jawaban, subjek tidak memeriksa kembali jawabannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 05 Nov 2025 02:24
Last Modified: 05 Nov 2025 02:24
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150380
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item