PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRADIEN GARIS DI KELAS VIII A SMPN 12 PALU

-, Nidia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRADIEN GARIS DI KELAS VIII A SMPN 12 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi model pembelajaran
kooperatif tipe talking Stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi gradien garis di kelas VIII A SMPN 12 Palu. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu
pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat
komponen, (1) perancangan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Jenis
data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan
mengikuti fase-fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
untuk belajar, (2) menyajikan informasi tentang materi gradien garis yang akan
dipelajari dan menyampaikan kegunaan tongkat, (3) mengorganisir siswa kedalam
6 kelompok belajar dan membagikan LKPD, (4) membantu kerja tim dan belajar,
(5) mengevaluasi dengan cara menjalankan tongka secara estafet diirngi dengan
musik, siswa yang mendapatkan tongkat terakhir ketika musik berhenti siswa
tersebut yang akan menjawab soal yang telah disedikan oleh guru, (6)
memberikan pengakuan atau penghargaan. Hasil penelitian: (1) presentase
ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I mencapai 46,15% dan
pada siklus II mencapai 80,76%, (2) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I
mencapai 85 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II mencapai 92 dengan
kriteria sangat baik, (3) hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 76
dengan kriteria baik dan pada siklus II mencapai 92 dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi gradien garis di kelas VIII A SMPN 12 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:31
Last Modified: 05 Nov 2025 04:42
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150437
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item