EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN I GUSTI NGURAH RAI PALU EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN I GUSTI NGURAH RAI PALU EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN I GUSTI NGURAH RAI PALU

-, HARDIYANTI SARIKA (2014) EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN I GUSTI NGURAH RAI PALU EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN I GUSTI NGURAH RAI PALU EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN I GUSTI NGURAH RAI PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang sangat berperan penting dalam arus lalu lintas. Untuk itu
perkerasan suatu jalan harus dijaga agar terhindar dari kerusakan yang berarti. Pada ruas jalan I Gusti
Ngurah Rai Palu sudah terlihat kerusakan pada permukaan jalan, seperti lubang (potholes), retak
(cracking), terkelupas, tambalan dan lain-lain. Maka perlu dilakukan peningkatan jalan dengan cara
mengoverlay jalan setebal 5 cm. Dengan melihat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kerusakan
dan tebal overlay maka penelitian ini bertujuan untuk mngetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan yang
terjadi pada ruas jalan I Gusti Ngurah Rai Palu serta mengetahui apakah dengan tebal 5 cm dapat
menerima beban LHR sesuai dengan umur rencananya yaitu 5 tahun .
Metode yang digunakan untuk menganalisa jenis dan tingkat kerusakan jalan adalah Metode PCI
(Pavement Condition Index). Metode PCI ini dilakukan dengan cara mensurvey kerusakan jalan secara
langsung, mengklasifikasi jenis dan tingkat kerusakan dan menentukan nilai kondisi perkerasan dengan
rentang nilai dari 0– 100 dengan kriteria sempurna, sangat baik, baik, sedang, jelek, sangat jelek dan
gagal. Untuk penentuan nilai kondisi dan tebal perkerasan jalan adalah Metode Analisa Komponen (SNI
03-1732-1989). Dalam metode ini diperlukan data eksisting untuk memperoleh ITP eksisting, data
overlay untuk ITP overlay, data Lalu Lintas Harian (LHR) sehingga dari data-data tersebut dapat
diketahui umur rencana untuk tebal overlay setebal 5 cm.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai kondisi perkerasan sebesar = 45,53% , maka jalan
ini masuk dalam kriteria “Fair (Sedang)”. Dengan tebal overlay setebal 5 cm mampu menerima beban
lalu lintas sebesar 1.398,983 kend/hari dengan umur rencana selama 6 tahun (CBR 9 %), 6,5 tahun
(CBR 9,6 %) dan 5,6 tahun (CBR 8,6%) dengan demikian 5 cm sudah sesuai dengan umur rencana
selama 5 tahun.
Kata Kunci : Lapis Tambah, Metode PCI (Pavement Condition Index), Metode Analisa
Komponen (SNI 03-1732-1989)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
T Technology > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Sipil
Depositing User: arsyad arsyad
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:49
Last Modified: 05 Nov 2025 03:49
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150440
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item