PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT SINDUE

-, Agustifani (2019) PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT SINDUE. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan kreativitas
anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas
anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian kualitatif jenisnya deskriptif. Adapun subjek penelitian ini
adalah anak didik di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue yang berjumlah 14
orang anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik
persentase. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat
kertas terhadap perkembangan kreativitas anak. Dilihat dari hasil pengamatan
sebelum perlakuan pada aspek kreativitas membuat bentuk Lipatan terdapat 0
anak (0%) kategori (BSB), 2 anak (14,28%) kategori (BSH), 2 anak (14,28%)
kategori (MB), dan 10 anak (71,42%) kategori (BB). Kreativitas
Mengkombinasikan dengan berbagai media terdapat 1 anak (7,14%) kategori
(BSB), 2 anak (14,28%) kategori (BSH), 3 anak (2142,%) kategori (MB), dan 8
anak (57,14%) kategori (BB). Kreativitas dalam bertanya terdapat 1 anak (7,14%)
kategori (BSB), 1 anak (7,14%) kategori (BSH), 3 anak (21,42%) kategori (MB),
dan 9 anak (64,28%). Selanjutnya setelah perlakuan pada aspek kreativitas
melipat kertas 2 anak (14,28%) kategori (BSB), 4 anak (28,57%) kategori (BSH),
5 anak (35,71%) kategori (MB), dan 3 anak (21,42%) kategori (BB). Aspek
kreativitas Mengkombinasikan berbagai media 3 anak (21,42%) kategori (BSB), 5
anak (35,71%) kategori (BSH), 4 anak (28,57%) kategori (MB), dan 2 anak
(14,28%) kategori (BB). Aspek kreativitas dalam bertanya terdapat 3 anak
(21,42%) kategori (BSB), 6 anak (42,85%) kategori (BSH), 4 anak (28,57%)
kategori (MB), 1 anak (7,14%) kategori (BB) . Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan
kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 05 Nov 2025 05:09
Last Modified: 05 Nov 2025 05:09
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150460
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item