-, SISILIA EKASIANA GELONG (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA BIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LORE TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Sisilia Ekasiana Gelong, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)
Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang IPA
Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Dr.
Lilies Tangge, M.P.
Model Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran
dengan berbasis masalah yang kongkrit dengan kehidupan sehari-hari peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa tentang IPA
Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Jenis penelitian ini adalah
quasy experiment (Eksperimen semu) dengan desain the non-equivalent pretestposttest control group design. Sampel yang dipilih mengunakan teknik purposive
sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelompok yaitu
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (n=32) dan kelas VIII B sebagai kelompok
kontrol (n=32). Berdasarkan hasil analisis data pretest untuk kelas eskperimen
diperoleh rata-rata skor adalah 43,22 dengan standar deviasi 9,12, sedangkan kelas
kontrol diperoleh rata-rata skor adalah 43,06 dengan standar deviasi 9,35. Setelah
diberikan perlakuan pada kedua kelas tersebut diperoleh data hasil posttest pada
kelas eksperimen memiliki rata-rata skor 80,19 dengan standar deviasi 7,39,
sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata skor adalah 67,12 dengan
standar deviasi 6,99. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua
pihak dengan nilai signifikan α = 0,05. Diperoleh nilai thitung = 7,657 dan ttabel =
1,998 ( thitung>ttabel ) dengan nilai signifikan adalah 0,00 < 0,05. Hal ini
membuktikan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho dan H1 berada
di daerah penerimaan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberi perlakuan
sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran model Problem
Based Learning berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa
tentang IPA Biologi kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur.
Kata Kunci : Model problem based learning, media audiovisual, IPA, hasil
belajar siswa
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 05:52 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 05:52 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150470 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

