-, DEWI MASTIKA HARUNA (2019) MENINGKATKAN PENERAPAN NILAI AGAMA ISLAM MORAL ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B PAUD NOSARARA PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Mastika Haruna. (2019). Meningkatkan Penerapan Nilai Agama Islam
Moral Anak Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B PAUD Nosarara Palu.
Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Nurhayati, Pembimbing
II: Fitriana.
Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan nilai moral agama islam anak
masih rendah, terutama dalam kemampuan praktek wudhu, kemampuan praktek
gerakan sholat, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal ini
disebabkan karena metode yang digunakan guru kurang maksimal, sehingga
perkembangan penerapan nilai moral agama islam anak belum optimal yang
berdampak pula pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki
proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk
meningkatkan penerapan nilai moral agama islam anak di kelompok B PAUD
Nosarara Palu. Setting penelitian ini, yaitu anak kelompok B PAUD Nosarara
Palu yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari
perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan
secara bersiklus dengan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan
cara observasi, tanya jawab, pemberian tugas dan dokumentasi, serta alat yang
digunakan adalah lembar observasi baik untuk aktivitas guru maupun murid.
Selanjutnya dianalisa secara persentasi untuk menarik kesimpulan. Data yang
dikumpulkan secara umum, terjadi peningkatan pada semua aspek, dimana pada
siklus I terdapat 13,33% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) , 15%
dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15% dalam kategori Mulai
Berkembang (MB), serta 56,67% dalam kategori Belum Berkembang (BB).
Selanjutnya pada siklus II terdapat 30% dalam kategori Berkembang Sangat Baik
(BSB), 41,67% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15% dalam
kategori Mulai Berkembang (MB), serta 13,33% dalam kategori Belum
Berkembang (BB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode
demonstrasi dapat meningkatkan penerapan nilai moral agama islam anak.
Kata Kunci: Penerapan Nilai Agama Islam Moral Anak, Metode Demonstrasi
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 05:56 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 05:56 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150489 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

