PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII A SMP NEGERI 4 KASIMBAR

-, NURFADILA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII A SMP NEGERI 4 KASIMBAR. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe GI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi persamaan garis lurus di kelas VIII A SMP Negeri 4 Kasimbar. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 23 siswa dan dipilih tiga
sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan,
(2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4
Kasimbar pada materi persamaan garis lurus mengikuti fase-fase pembelajaran
kooperatif yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan
informasi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4)
membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi dan 6) memberikan
penghargaan, yang didalamnya terdapat enam komponen dari model GI yaitu: 1)
grouping, pada tahap ini menempatkan siswa dalam beberapa kelompok, 2)
planning, pada tahap ini guru menyajikan materi, membagi LKPD pada setiap
kelompok, dan menjelaskan tugas-tugas setiap kelompok, 3) investigation, pada
tahap ini mempersilahkan kelompok melakukan diskusi, menganalisis data dan
inferensi, 4) organizing, pada tahap ini guru meminta setiap kelompok menulis
hasil investigasinya dan menentukan penyaji, moderator, dan notulen, 5)
presenting, pada tahap ini, guru menunjuk salah satu kelompok untuk menyajikan
hasil investigasinya dan meminta kelompok lain untuk mengamati, mengevaluasi,
mengklarifikasi, serta mengajukan pertanyaan kepada kelompok penyaji, 6)
evaluating, pada tahap ini kelompok mengoreksi hasil investigasinya serta
membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 05 Nov 2025 06:55
Last Modified: 05 Nov 2025 06:55
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150506
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item