-, INDAH SUARNI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 13 SIGI. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi lingkaran dengan pokok bahasan hubungan besar sudut pusat, panjang
busur dan luas juring lingkaran di kelas VIIIA SMP Negeri 13 Sigi. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan
Mc. Taggart, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) Refleksi.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil
observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf
keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu
memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada
siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase
ketuntasan belajar klasikal siklus I 67,74% dan mengalami peningkatan pada
siklus II sebesar 74,19%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat
disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIIIA SMP Negeri
13 Sigi yaitu mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) pengelompokkan dan
penomoran, 2) pengajuan pertanyaan atau permasalahan, 3) berpikir bersama, dan 4)
menjawab atau evaluasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:18 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:18 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150517 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

